Senin, 23 Mei 2016

Taman Hutan Raya Djuanda Bandung – Curug Koleang di Tengah Hutan Pinus

liburanjabar di tahura djuanda air terjun koleang
Gerbang Masuk Tahura Pakar Dago atas

Wisata keluarga di Jabar Kota Bandung, Tahura Bandung terdapat 2500 jenis tanaman, 40 familia dan 112 species, kawasan konservasi perpaduan hutan sekunder dan tanaman. Tidak hanya sebuah kawasan konservasi hutan dan tanaman saja di Tahura Bandung Dago atas ini, terdapat juga tempat wisata alam dan sejarah seperti ;  GUA BELANDA, GUA JEPANG, Museum dan Monumen Djuanda, taman bermain dan endemic monyet liar, Air Terjun Koleang (Curug), Maribaya dengan Air Terjun (Curug) Ciomas.

liburanjabar di tahura djuanda air terjun koleang
Liburan keluarga di gua pakar Bandung
Tempat liburan Goa Jepang dan Goa Belanda yang berada di Tahura Bandung, merupakan objek wisata yang bukanya lebih pagi dibandingkan wisata lainnya yang ada di Bandung. Tahura Dago bukanya jam 7, sedangkan Tebing Keraton (objek wisata yang satu pengelola dengan Tahura Bandung) bukanya jam 4 subuh karena di tebing keratin wisata favoritenya adalah melihat sunrise di ujung tebing yang dikelilingi hutan pinus.
liburanjabar di tahura djuanda air terjun koleang
Jembatan diatas air terjun koleang - Tahura Bandung
Sebagian umum warga Bandung mengenal Taman Hutan Raya Djuanda objek wisata utamanya adalah situs Gua Jepang yang berjarak sekitar 600 m dari pintu utama gerbang masuk tahura dan Gua Belanda yang berjarak sekitar 1,2 km dari Gua Jepang, tetapi terdapat Curug Koleang. Apakah para wisatawan dapat berenang di air terjun curug Koleang? Sayangnya air terjun curug Koleang ini berada di tebing yang sangat curam dan curug koleang ini mengalir di antara celah bat yang terbelah. Kita dapat menikmati pemandangan curug Koleang dari Jembatan tepat di atas Curug. Kenapa disebut Koleang? karena air terjun ini melewati sebuah batu yang berlubang. Jika anda menyebrang jembatan gantung di curug Koleang yang sudah berusia ratusan tahun dan masih alami (hanya saja catnya yang berubah dari Zaman Belanda) dan menyusuri jalan setapak akan ada penangkaran Rusa.
liburanjabar di tahura djuanda air terjun koleang
Curug koleang di tahura bandung
Dimana dan bagaimana cara menuju Curug Koleang ini? Cara yang paling dekat adalah dari Tahura Dago atas lalu menuju ke Gua Belanda anda harus menembus Gua Belanda dan berjalan kaki sekitar 800 m kearah menuju Maribaya atau curug Ciomas. Jika anda ditawarkan naik Ojeg harganya adalah Rp. 50.000 pulang pergidari Gua Belanda menuju Curug Koleang. Informasi tambahan, tiket masuk Gua Jepang, Gua Belanda dan Curug Koleang sudah menyatu dengan tiket masuk Tahura dan sekarang 2016 Bulan Mei ini, Tiket Tebing Keraton bisa menjadi tiket masuk Tahura juga. Hanya dengan mengeluarkan biaya Rp.11.000/orang (harga tiket masuk Tahura atau Tebing Keraton) anda sudah dapat menikmati banyak objek wisata di Bandung yang arahnya ke Dago atas. Sebutan lain dari Tahura Bandung adalah Gua Pakar karena berlokasi di jalan Pakar Dago Atas.(liburan jabar)