Senin, 29 Agustus 2016

MISTERI DIBALIK OBJEK WISATA SITU CILEUNCA PANGALENGAN

misteri objek wisata situ cileunca pangalengan
Perkebunan teh pangalengan

Bandung Selatan, Swissnya Indonesia ada di daerah Pangalengan memiliki wisata panorama alam yang sangat indah, anda akan takjub saat melihat hamparan kebun teh yang terluas dan keramahan warga setempat yang memberikan nuansa pendesaan saat anda berwisata di Pangalengan.


Di Pangalengan terdapat sebuah Situ Cielunca (danau cileunca) yang terletak di Kampung Cibuluh Desa Pulosari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Luas Situ Cileunca sekitar 180 hektare dan diapit oleh Desa Warnasari dan Desa Pulosari. Situ Cileunca sebenarnya ada 2 lokasi, lokasi Situ Cileunca 1 luasnya sekitar 210 hektare dan Situ Cileunca 2 luasnya 180 hektare.
misteri dibalik wisata situ cileunca
DAM / BENDUNGAN PULOSARI (Situ Cileunca) - PANGALENGAN
Seorang kebangsaan Belanda bernama Kuhlan adalah pemilik Situ Cileunca dahulu,dibangun pada tahun 1919 hingga 1926 sekitar 7 tahun lamanya pembangunan Situ Cileunca Pangalengan ini. Sejarah pembangunan Situ Cileunca adalah dengan cara membendung aliran sungai Cileunca, dan alat yang digunakan adalah halu (sejenis perkakas untuk menumbuk padi) bukan dengan alat berat beko atau alat tangan cangkul. Hebatnya semangat warga Pangalengan.

Lalu ada hubungan dengan Makam Keramat Mahesti di Pangalengan, yaitu pada saat pembangunan Situ Cielunca dikomandani oleh dua orang pintar, yaitu Juragan Arya dan Mahesti.

Dahulu ada pemain wayang seperti dalang, sinden dan penabuhnya yang tenggelam di Situ Cileunca, dan kisah mistisnya adalah warga setempat sering mendengar seperti ada pertunjukan wayang pada malam hari, tapi sekarang sudah tidak ada lagi mungkin karena sudah mulai ramai oleh warga daerah sekitar Situ Cileunca.
misteri objek wisata situ cileunca
Wayang
Menurut legenda mistis warga Pangalengan, terdapat dua siluman di Situ Cileunca, yaitu Siluman Lulun Samak yang mana siluman ini memangsa dengan cara menggulung bagaikan samak (tikar yang digulung), dan siluman satu lagi adalah Siluman Dongkol, siluman ini berwujud kepala kerbau. Tapi sekarang menurut juru kunci disana, kedua siluman ini telah pindah ke Situ Bagendit dan Situ Patengan


Menurut warga setempat, kadang kala kalau kita kemping disekitaran Situ Cileunca sering kejadian ada yang ikut nimbrung (berkumpul bersama) padahal mereka tidak saling mengenal. Mungkin dahulu pembuatan situ cileunca tidak dengan syariat islam, sehingga sering terjadi kecelakaan ataupun korban yang disebut dengan tumbal.

kalau mau ke Pangalengan anda bisa ikut paket Open Trip Bandung - Pangalengan dengan harga terjangkau.